0 Komentar
Selengkapnya

Link Download


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Pendekatan-Pendekatan dalam Belajar Mengajar)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Pendekatan-Pendekatan dalam Belajar Mengajar)

BAB I
PENDAHULUAN

Mengajar pada prinsipnya nmembimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau menagndung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anka didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan prosese belajar.

Dalam kegiatan belajar mengajar, ternyata tidak semudah yang di bayangkan. Kalau kita beranggapan bahwa tugas guru adalah Cuma ceramah, menyampaikan materi terus salam dan pergi, adalah suatu hal yang sangat keliru.

Pembelajaran bukanlah sekedar transfer of kn owledge yang tidak memperhatikan kondisi yang di alami oleh murid. Manusia bukanlah robot yang bisa kita atur semau kita. Manusia adalah makhluk yang dikaruniai akal, yang dengan akal tersebut manusia dapat berpikir, mana yang terbaikn atau yang terburuk untuknya.

Oleh karena itu dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Sebaiknya guru memandang  anak didik sebagai individu dengan segala perbedaannya, sehingga mudah melakukuan pendekatan dalam pengajaran.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian pendekatan belajar mengajar
B.    Fungsi pendekatan dalam belajar mengajar

Fungsi pendekatan bagi suatu pembelajaran adalah :
1. Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah metode pembelajaran yang akan di gunakan.                             
2.    Memberikan garis-garis rujukan untuk perancangan pembelajaran.
3.    Menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4.    Mendiaknosis masalah-masalah belajar  yang timbul
5.    Menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan

Macam-macam pendekatan belajar mengajar

1.      Pendekatan yang berhubungan dengan penyampaian materi

a.       Pendekatan kompetensi

b.      Pendekatan lingkungan

c.       Pendekatan kontekstual

d.      Pendekatan tematik (Thematic Approach)

e.       Pendekatan keagamaan

2.      Pendekatan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran

a.       Pendekatan pengalaman

b.      Pendekatan pembiasaan

c.       Pendekatan sistem


BAB III
PENUTUP

Sebuah pendekatan dalam pembelajaran sangatlah penting. Karena sangat berpengaruh terhadap keaktifan peserta didik. Adapun macam-macam pendekatan dalam belajar mengajar meliputi yang berhubungan dengan penyampaian materi dan pendekatan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi. yang masing-masing mempunyai ruang lingkup tersendiri.

1.       berhubungan dengan penyampaian materi, meliputi:
a.       Pendekatan kompetensi
b.      Pendekatan lingkungan
c.       Pendekatan kontekstual
d.      Pendekatan tematik (Thematic Approach)
e.       Pendekatan keagamaan
2.      Pendekatan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran
a.       Pendekatan pengalaman
b.      Pendekatan pembiasaan
c.       Pendekatan sistem




Lihat Makalah Lain :




Post a Comment

 
Top