0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Manajemen Kelas)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Manajemen Kelas)


BAB I
PENDAHULUAN

Masalah pokok yang dihadapi oleh guru, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah masalah pengelolaan kelas atau manajemen kelas. Aspek yang paling sering didiskusikan oleh para profesional dan oleh para pengajar, sehingga hal ini menjadi syarat yang efektif bagi pengajaran kelas.

Oleh karena itu, keterampilan guru untuk dapat membaca situasi kelas sangat penting agar yang dilakukan tepat guna. Dengan adanya manajemen kelas yang baik, anak didik dapat memanfaatkan  dan kemampuan, bakat, dan energinya pada tugas-tugas individual maupun kelompok. Karena kelas mempunyai peran dan fungsi tertentu dalam menunjang keberhasilan proses interaksi belajar.

Berhasil tidaknya suatu aktivitas manusia adalah tergantung pada manajemen yang diterapkannya. Manajemen kelas merupakan gambaran miniatur dalam manajemen sekolah. Manakala manajemen sekolah tidak, tidak ada guru yang dapat memenej atau mengorganisasikan kelas yang baik, demikian pula sebaliknya. 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN MANAJEMEN KELAS

2.2 TUJUAN MANAJEMEN KELAS

2.3 FUNGSI MANAJEMEN KELAS

2.4 ASPEK-ASPEK MANAJEMEN KELAS

2.5 MASALAH-MASALAH DALAM MANAJEMEN KELAS

2.6 TUGAS  GURU DALAM MANAJEMEN KELAS

1. Pengaturan atau Pengkondisian Fisik

a. Ruang tempat berlasungnya proses belajar mengajar.
b. Pengaturan  Tempat Duduk.
c.Ventilasi dan Pengaturan Cahaya .
d. Penataan Barang atau Pengaturan Penyimpanan Barang.
e. Penataan  Keindahan dan Kebersihan Ruangan Kelas.

2. Pengaturan Anak Didik.

2.7 PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN KELAS

2.8 PENDEKATAN-PENDEKATAN MANAJEMEN KELAS

2.9 KOMPONEN KETRAMPILAN  MANAJEMEN KELAS

1. Keterampilan yang berhubungan dengan  penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.

2. Keterampilan yang berhubungan dengan  pengembangan kondisi belajar yang optimal.

2.10  MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF  

1. Pengaruh Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas

BAB III
PENUTUP




Dari pemaparan makalah diatas mengenai manajemen kelas, dapat diambil intisari bahwa manajemen kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar dapat dicapai suatu kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar mengajar yang seperi diharapkan.

Manajemen kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas karena situasi dan kondisi kelas memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.  Maka dari itu kesuksesan keberhasilan dari belajar mengajar tergantung dari manajemen kelas yng dibawahkan oleh guru, m manajemen kelas ibarat miniatur dari manajemen kelas, apabila manajemen kelasnya maka bisa dikatakan manajemen sekolah baik juga. Diharapkan untuk semua guru-guru agar bisa semaksimal mungkin mengelola manajemen kelas sebaik mungkin, karena salah satu faktor pendorong keberhasilan dalam belajar mengajar.




Baca Makalah Lain :





Post a Comment

 
Top