0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Antara Pengajar, Pendidik, dan Pembelajaran)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Antara Pengajar, Pendidik, dan Pembelajaran)

Download Makalah Lain :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP



BAB I
PENDAHULUAN

Dunia pendidikan adalah dunia guru, rumah rehabiltitasi peserta didik. Dengan sengaja guru berupaya mengerahkan tenaga agar peserta didik dapat keluar dari tali kebodohan.

Dimana guru tidak hanya sebagai pengajar, namun guru juga mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya sebagai agen pembelajaran. Guru yang profesional adalah guru yang menguasai materi pembelajaran, menguasai kelas dan mengendalikan perilaku anak didik, menjadi teladan, membangun kebersamaan, menghidupkan suasana belajar, selain itu guru  harus dapat membuat suasana ruangan yang menyenangkan,serta nyaman dengan demikian proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik. Dalam makalah ini, kami akan menguraikan beberapa materi mengenai persamaan dan perbedaan istilah mengajar, mendidik, dan pembelajar, makna dan hakikat guru, tugas dan fungsi guru, gaya-gaya mengajar guru, serta prinsip- prinsip mengajar.

BAB II
PEMBAHASAN

A.       Persamaan dan Perbedaan Istilah Mengajar, Mendidik, dan Pembelajar

B.       Makna dan Hakikat Guru

1.        Makna Guru
2.        Hakikat Guru

C.       Tugas dan Fungsi Guru

1.        Tugas Guru
2.        Fungsi guru

D.       Gaya-gaya Mengajar Guru

1.        Makna Gaya Mengajar
2.        Macam-macam Gaya Mengajar
3.        Pendekatan Gaya Mengajar

a.    Pendekatan Filosofis
b.    Pendekatan Induksi
c.    Pendekatan Deduksi
d.   Pendekatan Sosio Kultural
e.    Pendekatan Fungsional
f.     Pendekatan Emosional

v  Pendekatan kelompok
·      Entry behavior
·      Student activity learning

v  Pendekatan individual
·      Mastery learning (belajar tuntas)
·      Personalizer system of instruction (PSI)

E.        Prinsip-prinsip Mengajar

1.        Prinsip aktivitas
2.        Prinsip motivasi
3.        Prinsip individualitas
4.        Prinsip lingkungan
5.        Prinsip konsentrasi
6.        Prinsip kebebasan
7.        Prinsip peragaan
8.        Prinsip kerja sama dan persaingan
9.        Prinsip apersepsi
10.    Prinsip korelasi
11.    Prinsip efisiensi dan efektivitas
12.    Prinsip globalitas
13.    Permainan dan hiburan



PENUTUP


Mengajar diartikan sebagai usaha guru untuk menyampaikan dan menanamkan pengetahuan kepada siswa/anak didik. Jadi mengajar lebih cenderung kepada transfer of knowledge. Mendidik  dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Mendidik tidak sekedar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of values.
Peran guru sebagai fasilitator membawa konsekuensi terhadap perubahan pola hubungan guru-siswa, yang semula lebih bersifat top-down ke hubungan kemitraan. Peran guru sebagai fasilitator, merubah paradigma dalam proses pembelajaran yang tadinya berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (learner centered).

Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Hakikat guru tidak hanya menjadi seorang diri, akan tetapi menyatu dalam semua keragaman. Artinya, guru harus pandai menyatukan keragaman peserta didiknya dari tingkat kemampuan tingkat intelektual, keragaman dalam bercakap, keragaman kepribadian hingga keragaman kecenderungan yang di dasari oleh bakat mereka.




Baca Makalah Lain :




Post a Comment

 
Top