0 Komentar
Selengkapnya


Link Download Power Point


Download Makalah lain :

Makalah Analisis Terhadap Psikologi Agama

RPP Pendidikan Agama Islam

Makalah Psikologi Agama (Kebutuhan Agama)


Makalah Psikologi Agama (Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Psikologi Agama)

Makalah Psikologi Agama (Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Psikologi Agama)


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ)

Spiritual diambil kata spiritus yang artinya sesuatu yang bisa memperkuat vitalitas hidup kita. Spiritual atau spiritus itu menurut teori dasarnya memang berbeda dengan agama. Spiritus adalah bawaan manusia dari lahir, sedangkan agama adalah sesuatu yang datangnya dari luar diri kita. Agama memiliki seperangkat ajaran yang dimasukan ke dalam tubuh kita. Ajaran agama, sejauh itu diserap dari kulit sampai isi maka akan meningkatkan spiritual kita.
Dr. Marsha Sinetar, yang terkenal luas sebagai pendidik, penasihat, dan penulis buku-buku best seller, menafsirkan kecerdasan spiritual sebagai pemikiran yang terilhami. Kata Sinetar, kecerdasan spiritual adalah cahaya, sentuhan kehidupan yang membangunkan keindahan tidur kita. Kecerdasan spiritual membangunkan orang-orang dari segala usia, dalam segala situasi. 

B. Aspek-aspek dari Kecerdasan Spiritual (SQ)

Aspek-aspek dari kecerdasan spiritual (SQ) menurut David G Mayer adalah sebagai berikut:
1.      “Kemampuan untuk mentransendesi”. orang-orang yang sangat spiritual menyerap sebuah realitas yang melampaui materi dan fisik.
2.      “Kemampuan untuk menyucikan pengalaman sehari-hari”. orang yang cerdas secara spiritual memiliki kemampuan untuk memberi makna sakral atau Illahi pada berbagei aktifitas, peristiwa, dan hubungan sehari-hari.
3.      “Kemampuan untuk mengalami kondisi-kondisi kesadaran puncak”. orang-orang yang cerdas secara spiritual mengalami ekstase spiritual. Mereka sangat perseptif terhadap pengalaman mistis.
4.      “Kemampuan untuk menggunakan potensi-potensi spiritual untuk memecahkan berbagai masalah”. Transformasi spiritual seringkali mengarahkan orang-orang untuk memprioritaskan ulang berbagai tujuan.
5.      “Kemampuan untuk terlihat dalam berbagai kebajikan”. Orang-orang yang cerdas spiritual memiliki kemampuan lebih untuk menunjukkan pengampunan, mengungkapkan rasa terimakasih, merasakan kerendahan hati, dan menunjukkan rasa kasih. 

C. Menguji SQ

Tanda-tanda dari SQ yang telah berkembang dengan baik mencangkup hal-hal berikut :
1. Kemampuan bersikap fleksible (adaptif secara spontan dan aktif)
2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi
3. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan
4. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit
5. Kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai
6. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu
7. Kecenderungan untuk melihat keterkaitan antara berbagai hal (berpandangan “holistic”)
8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “Mengapa?” atau “Bagaimana Jika?” untuk mencari jawaban-jawaban mendasar
9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai “bidang mandiri” yaitu memiliki kemudahan untuk bekerja melawan konvensi





Baca Makalah Lin :




Post a Comment

 
Top